Senin, 27 Februari 2017



Rumah Adat 


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYTVh26ijgI-fuZe4qPWMPIzhHkGcTNqDcqoDt0c9bMsjh1rxYtDH1uiYD4hWQjbQ9ERkxRBTXdJjvnApg7PsUaM628k3X8jUzmHTkJ8RXY9mYFBpAB-5KQHH8GUWf9hdVWT75zejRLIw/s1600/rumah+adat+Bolon+Sumatera+Utara.JPG
      Rumah adat Sumatera Utara dinamakan Parsakitan dan Jabu Bolon. Jabu Parsakitan adalah rumah adat di daerah Batak Toba, tempat penyimpanan barang-barang pusaka dan tempat penyimpanan barang-barang pusaka dan tempat pertemuan untuk membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan penyelenggaraan adat. Jabu Bolon adalah rumah pertemuan suatu keluarga besar. Berbentuk panggung dan ruang atas untuk tempat tinggal bersama-sama, Tempat tidur lebih tinggi dari dapur.




PAKAIAN ADAT SUMATERA UTARA
PAKAIAN ADAT DI BATAK SIMALUNGUN


Batak merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia. Istilah “batak” merujuk pada masyarakat atau etnik yang bermukim di sekitaran Sumatera Utara (Langkat Hulu, Deli Hulu, Daratan Tinggi Karo, Serdang Hulu, Toba, Simalungun, Tapanuli Tengah, dan Mandailing) yang memiliki marga dan menggunakan rumpun bahasa batak.

Etnik batak terdiri atas sub etnik : Karo, Pakpak/Dairi, Simalungun, Toba, Angkola dan Mandailing.
Adat dari Suku Batak mengatur hubungan keturunan secara patrilinea, dimana anak laki-laki yang menjadi perpanjangan penerus marga. Suku batak memiliki berbagai macam marga, perkawinan pada marga yang sama sangat dilarang di dalam suku batak.
Orang batak menggunakan  beberapa logat yaitu logat karo (yang dipakai oleh orang Karo), logat pakpak (yang dipakai oleh Pakpak), logat simalungun (yang dipakai oleh Simalungun), logat toba (dipakai oleh Toba, Angkola dan Mandailing).

DR JR Saragih, SH MM menegaskan etnies Simalungun memberi warna dalam perjalanan pembangunan Kota Medan, dan Sumatera Utara secara umum. Hal ini disampaikannya, ketika memimpin upacara patappei sihilap (Pelantikan,red) DPC PMS Kota Medan di lapangan Benteng,
Sama seperti suku-suku lain di sekitar daerah simalungun, pakaian adat suku Simalungun tidak terlepas dari penggunaan kain Ulos (disebut Uis di suku Karo). Kekhasan pada suku Simalungun adalah pada kain khas serupa Ulos yang disebut Hiou dengan berbagai ornamennya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifsVidqXelP6Ic39d1TtjQFEyTidtaLRNxF_2TA3wo_Kvh3hiGToF4A-UP_yy5pHfgylKTLA2Hqj4f4xKh1oJ5rrIQlntiPMh_4_TRs5CVtlIQq7-vhFwkXlDw3rNrxWMPfJ1G6fx5Lxw/s320/PAKAIAN.jpg


Ulos pada mulanya identik dengan ajimat, dipercaya mengandung "kekuatan" yang bersifat religius magis dan dianggap keramat serta memiliki daya istimewa untuk memberikan perlindungan. Menurut beberapa penelitian penggunaan ulos oleh suku bangsa Batak, memperlihatkan kemiripan dengan bangsa Karen di perbatasan Myanmar, Muangthai dan Laos, khususnya pada ikat kepala, kain dan ulosnya.

Secara legenda ulos dianggap sebagai salah satu dari 3 sumber kehangatan bagi manusia (selain Api dan Matahari), namun dipandang sebagai sumber kehangatan yang paling nyaman karena bisa digunakan kapan saja (tidak seperti matahari, dan tidak dapat membakar (seperti api). Seperti suku lain di rumpun Batak, Simalungun memiliki kebiasaan "mambere hiou" (memberikan ulos) yang salah satunya melambangkan pemberian kehangatan dan kasih sayang kepada penerima Hiou. Hiou dapat dikenakan dalam berbagai bentuk, sebagai kain penutup kepala, penutup badan bagian bawah, penutup badan bagian atas, penutup punggung dan lain-lain.

Hiou dalam berbagai bentuk dan corak/motif memiliki nama dan jenis yang berbeda-beda, misalnya Hiou penutup kepala wanita disebut suri-suri, Hiou penutup badan bagian bawah bagi wanita misalnya ragipanei, atau yang digunakan sebagai pakaian sehari-hari yang disebut jabit. Hiou dalam pakaian penganti Simalungun juga melambangkan kekerabatan Simalungun yang disebut tolu sahundulan, yang terdiri dari tutup kepala (ikat kepala), tutup dada (pakaian) dan tutup bagian bawah (abit).

Menurut Muhar Omtatok, Budayawan Simalungun, awalnya Gotong (Penutup Kepala Pria Simalungun) berbentuk destar dari bahan kain gelap ( Berwarna putih untuk upacara kemalangan, disebut Gotong Porsa), namun kemudian Tuan Bandaralam Purba Tambak dari Dolog Silou juga menggemari trend penutup kepala ala melayu berbentuk tengkuluk dari bahan batik, dari kegemaran pemegang Pustaha Bandar Hanopan inilah, kemudian Orang Simalungun dewasa ini suka memakai Gotong berbentuk Tengkuluk Batik.

Pakaian Adat

      Di daerah Tapanuli Utara tenunan tradisionalnya disebut ulos. Kain ulos itu terdiri dari beberapa macam yang harga dan fungsinya berbeda-beda. Misalnya: Ulos Godang, Sibolang, Mangiring, Sitoluntuho, Ragi Hidup, Sadum, dan Ragi Hotang.Pada upacara adat kaum pria mengenakan tutup kepala yang disebut sabe-sabe dari ulos mangiring. Di bahunya disampirkan Ulos Ragi Hotang dan mengenakan kain sarung. Kaum wanitanya menegenakan Ulos Sadum yang disampirkan di kedua bahunya dililit dengan Ulos Ragi Hotang dan mengenakan sarung suji.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIS3eQqkMZtjweYNwjtRBGjr0E3TmPiEhQWOBTbKI9zua-B851QQOUSmDt3o-QMUlhiJdJtVWmBdx6dhK0TMdVS5sZ8TzsJKd8tyzR4DbrefsFF-HupmK-WmWisVS_7lSrfG3RUtd0Akxd/s1600/pakaian+sumut.jpg
Tari-tarian Daerah Sumatera Utara

    Tari Karo

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhG7e1h61PNpUt1wIQUT3MGO7d9ih4TQnhu5rBUjm2x_wpK4Q1PVuV5mxiSuL8n82XnV0-A5_Ov68A7WLj_CObUt7Ep8vT_9cZcAlVBNURTPeCluQDCSg09c4YHCxuSXft1lRu8W_PKS9nV/s320/KLV001009274.jpg

       Tarian ini merupakan tari tradisional khas suku karo,Tari ini menggambarkan percintaan muda-mudi pada malam hari dibawah terang sinar bulan purnama. Tari ini dibawakan dengan karakter gerak yang lebih lemah gemulai.

Tari Sapu Tangan
  
      Tari sapu tangan merupakan tari tradisional melayu yang berasal dari sumatera utara.Tarian ini menggambarkan kegiatan masyarakat dalam keseharian mereka didaerah perdesaan.Tarian tradisional ini cukup praktik dan mudah.

Tari Serampang duabelas
  
       Tari serampang duabelas merupakan tari yang paling terkenal di sumatera utara. Dalam tari Serampang Dua Belas diceritakan tentang kisah cinta dua orang insan yang muncul sejak pandangan pertama dan diakhiri dengan ikatan pernikahan.  Kemudian keduanya direstui oleh orang tua Sang Dara --sebutan bagi wanita-- dan Teruna --sebutan bagi pria-- dalam suku Melayu. Oleh sebab itu, tarian Serampang Dua Belas dimainkan secara berpasang-pasangan.


Senjata Tradisional

        Piso surut adalah sejenis belati dan merupakan senjata tradisional di Tanah Karo, Sumatera Utara. Piso gaja dompak, berupa sebilah keris panjang merupakan lambang penting pemerintahan Raja Si Singamangaraja. Senjata ini hanya boleh diguanakan oleh raja saja. Senjata tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat umum adalah hujur sejenis tombak dan podang sejenis pedang panjang.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiLaMnR7iazFahngICv_97dNwRYKV3XRXyJRvwJAIYyZRnlK46MnI3u5CPRISYBMFkvWHIVHWH3sv16tKDETZv_4YoGA6aEujZjWJUNeJ5aoCZJJVQ1msFfiraWjCnuUcw8h6sPuRr0lix/s1600/piso+surit.jpg


Makanan Khas Sumatera Utara

Arsik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLLRgUMX03xctrc3XLr52ebC9PiQE2-BUglIeORS14KDpAjP9mhPyC6rZutTLPaBsKUNpC_RLuDVkHRE2oLIn7TCOohgXhl1YChlTXbwEZAn6-viOV10XgAtz4P6tIm6UodOv3PkzOm9Nr/s320/arsik.jpg
        Arsik adalah salah satu masakan khas kawasan Tapanuli yang populer. Masakan ini dikenal pula sebagai ikan mas bumbu kuning. Ikan mas adalah bahan utama, yang dalam penyiapannya tidak dibuang sisiknya.
Bumbu arsik sangat khas, mengandung beberapa komponen yang khas dari wilayah pegunungan Sumatera Utara, seperti andaliman dan asam cikala (buah kecombrang), selain bumbu khas Nusantara yang umum, seperti lengkuas dan serai. Bumbu-bumbu yang dihaluskan dilumuri pada tubuh ikan beberapa saat. Ikan kemudian dimasak dengan sedikit minyak dan api kecil hingga agak mengering.
Lihat deh gambarnya,pasti pengen makan lagi kan?
Kwetiau
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8j5BLMWpOTRcN0ygKfRtBIlGYciWcKx2XfRbJvhqFOlQMs-VJ9-oxbJ1w3Cj_2rjcuha_ne5nuRdg1GvY3no2qtROWrWGA0cNL4tnzlByGHNoIPmXLqt4IVqEsb7ogaGY-ULFppVuoYJe/s320/kwetiau-goreng.jpg
       Kwetiau adalah sejenis mie Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras.Dapat digoreng ataupun dimasak berkuah.Kwetiau merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia,terutama di daerah yang banyak didiami warga keturunan Tionghoa.Kwetiau pada umumnya identik dengan etnis Hokkian dan Tio Ciu.Dalam penyebarannya di Indonesia, etnis Hokkian dan Tio Ciu berbeda dalam hal penyajian kwetiau.Etnis Hokkian yang banyak berdiam di Sumatera terkenal dengan kwetiau medan yang memakai baso ikan,dan telur bebek.Sedangkan etnis Tio Ciu yang banyak berdiam di Kalimantan terkenal dengan kwetiau sapi yang memakai daging sapi dan jeroannya seperti babat.Dalam perkembangannya muncul varian baru yang dikenal dengan sebutan kwetiau siram.jadi,dah coba kwetiau siram blum?

Bika Ambon
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlzFGHVhexFza5oxeLfruYBbUHr4KqtQk6oij80zVAUXOGhyphenhyphenbQW9F9pCLPC2T6hhBatqgpJugTfFWs0TUfPAmYxGHECKsDOB2txau-UCJbXhdYSJk83OZakf-IWIp5p9d1ytaITU_MTX5_/s320/bika-ambon.jpg
       Bika ambon adalah sejenis penganan asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat.
Asal-muasal bika ambon tidak diketahui dengan jelas. Walaupun namanya mengandung kata "ambon", bika ambon justru dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan, Sumatera Utara. Di Medan, Jalan Mojopahit di daerah Medan Petisah merupakan kawasan penjualan bika ambon yang paling terkenal.Di sana terdapat sedikitnya 40 toko yang menjual kue ini. 
Bika ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar empat hari karena setelah itu kue tersebut mulai mengeras. 


Lapis Legit
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPyAkQ1SBHU5OJvXinBe68VU4lgx8oVMt-kZY-YQmpKvHtgIYPiNHWitfQRTX2Ej3uJiRCi0OstYz_YKItQ1mqc5eQYl7gIG6QYm7ct5IZlN6ZEMO3IAJq-2e4SsYr_LjuMskgowZcDhU-/s1600/Lapis+Legit+Medan.jpg
        Spekkoek atau lapis legit adalah sejenis kue yang terbuat dari adonan tepung dan telur. Umumnya spekkoek berwarna kuning dan coklat. Spikoek dapat dihias dan dihidangkan sebagai kue tart untuk acara-acara tertentu.

Lemang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhwRgviLawQ-vxyRj88P6ofP2bUqqFUgA55SK3A7XqWGH45BTcRNL2xQHM17vUI460OeAjYClX1MrLDVx5OuQt5q_F07tqExl-z4LEnx9Oruws1pL4kWT_4F2Esq0XCER11WeeGjDLe2iAA/s320/lamang.jpg
       Lemang merupakan makanan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun bambu berisi tepung beras bercampur santan kelapa ini kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang. Lemang lebih nikmat disantap hangat-hangat. Cara memakan lemang berbeda dari daerah ke daerah. Ada orang yang senang menikmatinya dengan cara manis (selai, kinca, serikaya) atau dengan cara asin (rendang, telur, dan lauk-pauk lainnya), atau ada juga yang memakannya dengan buah-buahan seperti durian.
Lemang dijadikan makanan perayaan oleh Suku Dayak yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Bagi Suku Melayu, lemang biasa disantap saat hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Orang Minangkabau juga menyukai lemang, bahkan kota seperti Tebing Tinggi dikenal dengan julukan "Kota Lemang". Lemang juga merupakan makanan orang asli Negrito yang ada di Kelantan dan suku Semai. 


Pok Pia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGRX15PyDvhPGgk7jcwbd9MVECfFkdpYRh8NT1uP0MK2hlBspbTjct3R-fn_VqBdeD435aJmomqoishPbxxzaBLiba0RUHmOcZSe86UKVoxGElNebzg0Ut3Ss9v-xxGiyAtr4wX-zoKoY9/s1600/pokpia_goreng.jpg
        Pok pia adalah sejenis kue tipis dari tepung terigu yang digoreng. Bentuk pok pia berbeda-beda di masing-masing daerah. Pok pia biasanya berasa manis, namun juga ada yang berasa asin sesuai dengan cara mencicipi.bagian ujung begitu garing dan bagian tengah penuh dengan sayuran.
Saksang 
saksang chasio asan semarang Babi goreng / Saksang Asan
     Saksang adalah masakan khas dari tanah Batak yang terbuat dari daging babi (atau daging anjing) yang dicincang dan dimasak dengan menggunakan darah,santan dan rempah-rempah (termasuk jeruk purut dan daun salam, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai, merica, serai, jahe, lengkuas, kunyit dan andaliman). Saksang menjadi makanan wajib dalam adat pernikahan Batak.Dalam etnis tionghua,sering dikenal dengan sebutan Angbak dan Chasiobak.Angbak meggunakan cairan berwarna merah yang manis sehingga membuat makanan ini cukup terkenal sedagkan Chasiobak digoreng hingga kering sehingga menimbulkan kesan garing.

Pelleng
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEBOHREezAB0EIhEEzuZnIYiaikd7wGfuLx9G1WrufYR7a86TxEQuA-v6gEgH0q-wwEfKhS-uj8ykfZZmpC8mrSmm1Vu5Ru6Zz3mF-JtBfImQpOKbCVts0IUxH_4LHBERxSyjcljT__Ftx/s1600/pelleng.jpg
         Pelleng merupakan makanan yang sangat pedas. Ini makanan khas, yang oleh orang Pakpak dipercaya memiliki kekuatan supranatural.makanan ini dipercaya dapat memberhasilkan sesuatu yang berisiko besar.


Wisata Alam Favorit Sumatera Utara

Danau Toba
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQicrdBWcFG1caTogMqzoPo4KnbZQQlPAYVo_LddYS7zO02qAcxRGasl2SRQ3wJHQcmORW76LyepScO-7d3rqnXpRLDfW6WcnPDs1zyttbbB7JPkG_PZmA0jaOuY0ABatoDIJD227oleM/s320/danau+toba+1.jpg 
         Danau Toba merupakan wisata alam favorit Sumatera utara.Suasana di danau toba                      sangat indah.banyak wisatawan dalam dan luar negri yang berkunjung ke danau toba.
Ajak keluarga anda untuk menikmati keindahan alam di danau toba.Dijamin gak nyesal!
  
Bukit Lawang
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2kFBoNTVZDEnKHQg32YJkAq9enOs-0UHgwJd5pKXnYXuyYscgZFG22WGfeiqAhyphenhyphen-5fYyZID5xReZwz2Ll7YB4hREWDwcCzRHFrKdvOTpq8Y5zcIKyM5Lnhq8Q7cf6WZW6GQUqoLhjgQY/s320/bukitlawang.JPG
        Bukit lawang merupakan salah satu tempat populer di sumatera utara.Selain menikmati dinginnya air bahorok,juga dapat menikmati panorama alam yang indah di bukit barisan.Salah satu games yang terkenal di bukit lawang adalah permainan arum jeram.Selain itu,Di bukit lawang,kita dapat melihat keberadaan orang utan yang menjadi ikon berharga bagi wisatawan mancanegara.Jadi tunggu apa lagi,ayo berlibur ke bukit lawang!

Pulau Samosir
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgL6sV7wgGaCSRGAJZei0T8OzsgVbUsszzS9q9Av1DxNBHZWf6putumv02Ja_7ut6qiMxNOsIAyokPkW6roqCZP73LMZWKakxmBeSRGQOjeciXnqdtmZbA12v1Kt07k8Dyu2A1l2VaTVOw/s320/94898137_383780c427.jpg
          Pulau samosir juga merupakan tempat favorit Sumatera utara.Pulau samosir terdapat di dalam danau toba.Di pulau samosir panorama yang sangat indah.Jika dikelola dengan baik,pulau samosir akan menjadi destinasi wisatawan mancanegaraSayangnya pulau samosir masih sepi karena belum dekelola dengan baik oleh pemerintah.

Gunung Sibayak

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjt2zHQm3t7wL5MR85mOVpaA3V931IckAjmzypXSkepIkEfgm1Ixa6qIX2w9Y6FA-xzZg31uS3ryV7XpgUBaukNwqJTNcU1ZBGgFSGZb0U7bvfvHRtE1epr3IH-9MZrQs-HxFyFT7aAAQY/s320/Sibayak-Mountain.jpg  
       Gunung  Sibayak merupakan tempat yang sejuk.Gunung ini memiliki ketinggian 2094m.Hal yang membuat gunung ini lebih spesial adalah gunung ini tidak sulit didaki,walau oleh pemula sekalipun.Hal tesebutlah yang membuat gunung sinabung tak pernah sepi dari pengunjung.Jadi ayo bawa keluarga anda berlibur 
  
Gundaling
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_CWlB8-Q3qcSkHfBNrwQYlJX3c-qVy__AZVBkwsGDRC2p-48y18ylH3xjP6JYDJ9UDDtDNHIDGD-vghd6zKuVkxSMOHJrkjtV9twfQlKa9SlDI7m1mjPH0Tzc3H5qVpN1GLZZwqKgVxs/s320/gundaling+1.jpg
        Bukit gundaling memiliki ketinggian 1575m dari permukaan laut dan berjarak 3km dari brastagi.Di bukit ini terdapat taman yang indah,tempat yang cocok untuk jalan santai dan dapat juga mengelilingi puncak bukit ini.Di puncak bukit ini,dapat dinikmati panorama gunung sibayak yang mengagumkan.

Kerajinan
Selain arsitektur,tenunan merupakan seni kerajinan yang menarik dari suku Batak. Contoh tenunan ini adalah kain ulos dan kain songket. Ulos merupakan kain adat Batak yang digunakan dalam upacara-upacara perkawinan, kematian, mendirikan rumah, kesenian,dsb. Bahan kain ulos terbuat dari benang kapas atau rami. Warna ulos biasanya adalah hitam, putih, dan merah yang mempunyai makna tertentu. Sedangkan warna lain merupakan lambang dari variasi kehidupan.
Pada suku Pakpak ada tenunan yang dikenal dengan nama oles. Bisanya warna dasar oles adalah hitam kecokelatan atau putih.
Pada suku Karo ada tenunan yang dikenal dengan nama uis. Bisanya warna dasar uis adalah biru tua dan kemerahan.
Pada masyarakat pesisir barat ada tenunan yang dikenal dengan nama Songket Barus. Biasanya warna dasar kerajinan ini adalah Merah Tua atau Kuning Emas.



Permainan Tadisional dari Sumatera Utara

Pantak/Tokok LeleImage
Saya akan mengajak Anda melihat-lihat permainan Tradisional Sumatera khususnya Sumatera Utara. Kita lihat betapa banyak permainan tradisional yang ada di Sumatera Utara contohnya : Picek Baju, Gala Hambek, Iye-iye, Tokok Lele, dan Kalereng. Dari namanya saya penasaran dengan permainan Tokok Lele, Apakah permainan ini bermain menangkap Ikan Lele?
Tokok Lele adalah Permainan perorangan dengan alat bantu berupa 2 buah batang kayu, Satu sebagai pemukul berukuran 30cm dan umpannya yaitu 15cm. Lalu si umpan atau “lele” diletakkan di ujung lobang kecil memanjang. Ujung umpan di pukul atau bahasa lainnya “tokok” dengan pemukul sehingga melesat ke udara setelah sebelumnya membentur tanah.  Tidak memerlukan tempat khusus untuk dapat bermain tokok lele ini. Hanya saja membutuhkan lapangan terbuka yang penontonnya berada di belakang pemain, agar tidak cidera saat pemain pantak lele beraksi.
Menjelang pemainan dimulai, ditentukan dulu siapa yang lebih awal memukul anak tongkat yang sudah setengah tegak di lubang yang telah disiapkan. Dengan cara sut menggunakan jari tangan.Pemenang sut akan memukul anak tongkat duluan yang diletakkan dalam lubang dengan ujung yang ke luar. Dalam memukul anak tongkat sebenarnya ada tiga cara, Pertama ujung yang dipukul mengakibatkan anak tongkat melesat ke atas kemudian dipukul sekuat-kuatnya hingga melayang jauh. Pukulan seperti ini biasanya sih disebut satu pukulan. Cara kedua dengan pukulan dua kali pada anak tongkat yang sedang melayang dan ketika anak tongkat melambung dua kali, baru dipukul sekuat-kuatnya agar telempar jauh. Cara ketiga dengan meletakkan anak tongkat di tengah-tengah lubang, dengan posisi mendatar. Tongkat ditonjokkan dengan kuat, hingga anak tongkat melayang jauh.
Cara menghitung nilai pukulan juga memiliki aturan-aturan, Pertama dengan satu pukulan saat anak tongkat melambung, dihitung dengan menggunakan tongkat dari titik terjauh anak tongkat terlempar sampai ke lubang. Aturan kedua dengan pukulan dua kali saat anak tongkat melambung , dihitung dengan menggunakan anak tongkat dari titik terjauh anak tongkat sampai ke lubang. Aturan ketiga, dengan posisi anak tongkat mendatar dengan cara menghitung jarak terjauh anak tongkat dengan menggunakan tongkat sampai ke lubang dan hasilnya dibagi dua. Itulah poin untuk pemain pantak/tokok lele. Dan dengan waktu yang sama-sama telah disepakati, siapa nilai tertinggi dialah pemenangnya.
Permainan ini dinamakan pantak lele Karena kayu kecil sebagai umpan tersebut dinamakan “Lele”.



1. Senjata Tradisional Sumatera Utara - Piso Gaja Dompak


Piso Gaja Dompak adalah senjata tradisional Sumatera Utara yang berbentuk pisau yang berfungsi untuk memotong dan menusuk. Senjata Tradisional Sumatera Utara tersebut dikenal Piso Gaja Dompak karena pada gagang pisau tersebut terdapat ukiran berbentuk gajah.

Piso Gaja Dompak dipercaya merupakan pusaka kerjaan Batak dimasa raja Sisingamangaraja I. Sebagai pusaka kerjaan, senjata tradisional Sumatera Utara ini tidak diperuntukan untuk membunuh, sebagai senjata pusaka Piso Gaja Dompak ini dipercaya memiliki kekuatan supranatural yang akan memberikan kekuatan spiritual kepada pemegangnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0ve_YdgjP5TxIEUKHdGR0rVGMZ1UiW2NTd9_nRPZtx37k6mdHAA23PvJOroDrxJ3rG0I3JIv47BdrwngICpI4JD02BQ9LIUhI2Dus-8T3camYvJdkzAS9FQ-vFNdQxw6abv2mn8jP6dYO/s1600/arts-111-44594.jpg

2. Senjata Tradisional Sumatera Utara - Tunggal Panaluan


Tongkat Tunggal Panaluan ini adalah tongkat sakti yang hanya dimiliki oleh raja batak. Dalam perkembanganya tongkat ini dipegang oleh Ketua adat dan dipergunakan pada saat adanya acara besar, seperti mambukka Huta, acara Horja bius dll. Saat ini tongkat pusaka raja batak ini disimpan di museum Gereja Katolik Kabupaten Samosir.
Tongkat Tunggal Panaluan oleh semua sub suku Batak diyakini memiliki kekuatan gaib untuk: meminta hujan, menahan hujan (manarang udan), menolak bala, Wabah, mengobati penyakit, mencari dan menangkap pencuri, membantu dalam peperangan dan lainnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgewhI_e5R_SOnl-lN1Ry-5zDkUs0p3BJrHpyh1PZHN7GJudSflB2ZM9U3XAt4bBV3tNBG9Xt7fyp7Koa-IxtPpjpCRXk2ZwKid615NJIAkCp_y3x3eje-P4_kOc2WwAx3X9gb0RZvf7wfj/s1600/Tunggal+Panaluan.jpg

3. Senjata Tradisional Sumatera Utara - Hujur Siringis


Hujur siringis adalah senjata tradisional Sumatera Utara berupa tombak yang dipergunakan oleh masyarakat Batak dalam berperang. Hujur Siringis berbentuk tombak kayu yang ujugnya terbuat dari logam yang runcing.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigFXYhdfW9ffCJJ0NTTWFseyWIZpmHHYS6oLmzyqO6rAvqxhzj3x9YFgiccQOobjD2sGJQ_MuAudahEWoisIJ9TtjroT_4qaoZCYoRjMIj58ydJutQSNY0-V-SY5iMXzlSxCpLL9R2U_gI/s1600/hujur.JPG

4. Senjata Tradisional Sumatera Utara - Piso Silima Sarung

Disebut Piso Silima Sarung karena  didalam 1 sarung  5 buah mata pisau. Di dalam pisau ini berisikan kehidupan manusia, dimana menurut orang batak manusia lahir kedunia ini mempunyai 4 roh, kelima badan (wujud). Maka dalam ilmu meditasi untuk mendekatkan diri kepada Mulajadi Nabolon (Tuhan Yang Maha Esa) harus lebih dulu menyatukan 4 roh, kelima badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar